Selasa, Agustus 19, 2008

Latihan Mengemudi



Hari pertama,

Hari ini adalah hari pertama aku latihan mengemudi menggunakan kendaraan sendiri. Setelah aku selesai menuntaskan pembelajaranku di belajar mengemudi YAGI selama delapan kalee, tibalah saatnya bagiku mencoba mengendarai kendaraan yang ada di rumah.
Wah,, aneh rasanya berpindah dari satu kendaraan ke kendaraan lain. Tempat yang ada di rumahku tidak begitu baik untuk berlatih bagi orang yang amatir. Selain tempat yang sempit ditambah lagi dengan permukaan jalan yang tidak rata. Ku rasa orang yang udah lihaipun akan kesusahan jika “nge-track” di sini. Apalagi aku yang baru aja nyentuh yang namanya kendaraan beroda empat. Bisa ga ya?...
Karena hari ini bener2 permulaan, jadinya hal yang kulakukan dengan BLUEBIRD –nama yang kuberikan bt kendarannku – hanya jalan di tempat doank. Maksudnya aku hanya bisa maju-mundur berkali2. sampai bosen deh pokoke….capek juga ternyata maju-mundur mulu,, tapi yah buat tahap awal ga pa2 deh…
Sebut saja hari pertama ini hari maju-mundur =)

Hari kedua,

Hari ini sama aja spt hari kemaren, maju- mundur2 juga. Tapi, dah mulai meningkat dikit deh,, udah pke2 acara banting strir truz mundur sampe ke ujung lorong dekat jalan,, ya “track”nya dah cukup panjang. Yang sangat disayangkan aku belum dibolehkan sampe ke jalan, kerena itu ya udah maju lagi. Begitulah seterusnya sampe capek, huh…

Hari ketiga,

Hhmm… hari ini dah mulai seru. Aku dah jalan2 muterin “kompleks”. Namun, sesuatu terjadi. Pas bgt di jalan belokan mo balik ke rumah (bukan jalan yang waktu pergi), ternyata ada orang mo nikahan, so… jalan ditutup, padahal aku dah masuk ke gapura. Duh aku bingung bgt, gmn caranya balik lagi, mana jalan sempit, ga bisa muter. Akhirnya ku banting stir ke kanan masuk ke perkarangan rumah orang, biz gt aku mundur.. Bruk,,!! tiba2 mobil terhenti dan ternyata ku masuk ke got,, . jantungku berdegup kencang, “gimana neh?” aku bener2 panik. Aku ga nyangka bakal menghadapi situasi kaya gini, mana ini adalah pertama kali aku keluar ke jalan.. Untungnya ada orang yang nolongin aku muterin mobil. Huh,,, cukup lega. Yah karena mesti balik lagi akhirnya kuputuskan ngambil rute lain yang tentunya ga jauh2 dari rumah.. takut masuk got lagi….=)

Hari keempat

Hari keempat ini perjalanan udah mulai lancar, rutenyapu dah cukup panjang. Tapi jalannya kendaraan lambat bgt, kaya BEKI, Bekicot maksudnya, hehe. Yah,, Karena memang lum berani lebih cepat lagi. Berjalan di sebelah kiri jalan dengan kecepatan paling cepat 10 km/jam. Dan yang paling ga enaknya, di setiap persimpangan, selalu saja di-klakson-in ama kendaraan yang ada di belakang. Huh.. membuat aku makin tambah gugup. Terpaksa deh, mau ga mau dengan gemeteran aku harus tetap melanjutkan perjalanan, klo ga, ya ga pulang.

Hari kelima

Nah, klo yang ini udah lebih baik dari hari kemaren2. Aku dah sedikit lebih enjoy, walaupun masih sering di-klakson-in ama kendaraan yang ada di belakangku. Kecepatanpun udah mulai bertambah, jadi kurang lebih 20 km/jam. Dengan rute yang masih sama, namun dengan perasaan yang berbeda, ku kendarai BLUEBIRDku dengan dua kali putaran biz gt nyampe rumah deh…
Hanya saja, menguasai si BLUEBIRD ketika hendak masuk ke gang di rumah cukup sulit, dengan jalan yang sempit berbatu dan tidak rata. Memang harus perlu banyak2 laihan…

Hari keenam

Sepertinya hari keenam ini sudah jauh lebih baik lagi. Keluar garasi pun aku tidak begitu mangalami kesulitan seperti yang sudah2. Cukup satu kali banting stir ke kiri, truz maju dikit, biz gt mundur deh sampe ke ujung gang deket jalan, trus banting stir kiri, ya udah jalan deh, kemana mau jalan…
Karena bosen ama rute yang udah2, aku putuskan untuk menjajaki rute baru dan lebih jauh lagi. Ku habiskan waktu kurang lebih selama satu jam menjajaki rute itu dengan dua kali putaran. Kecepatan pun udah makin bertambah, udah nyampe 30-40km/jam. Wah.. bener2 beda rasanya ama yang kemaren2, udah lebih lancar, deg2annya berkurang, pokoke asyik deh,,,

Hari 7..

Hari ini juga ga kalah pentingnya. sangking asyiknya berjalan2 bersama BLUEBIRD, hampir2 aja aku nabrak orang. Duh,, bener2 ga terlupakan. Untung aja aku cepet2 ngerem, walaupun mendadak. Sedetik aja aku tunda untuk nginjek rem, tau dah apa yang terjadi. Ga kebanyang klo orang bakal luka gara2 aku, apalagi klo sampe nyawanya melayang,,,
A’udzubillah….

-----------------------------


Pokoke banyak hal baru yang aku dapat. Klo dicatat tiap hari perkembangannya, wah… ga abiz2 kalee yah,, . Kayanya cukup sekian deh,,. Moga hari ketujuh ini, menjadi awal dari keberhasilanku menguasai si BLUEBIRDku. So… klo mo jalan2 tinggal contact aja, hehe….

1 komentar:

Ahmad Ragen mengatakan...

Suatu kali seseorang bertanya padaku, "Bal bisa bawa mobil??"
Maka aku jawab, "Bisa kalo ada".

[Seseorang itu yang sekarang aku sebut dengan nama oBi...]


---
Yah,, untuk yang satu ini u dah dapet duluan keahliannya... Insya Allah aq pasti bisa nyusuL... =)

gudlak deh....
Oya, jadi mau anter kita ke baduy dengan bLueBird?? atau sewa angkot lagi tapi u yang bawa, gimana?? hehehe... tracknya lebih seru tu... he,